Sabtu, 13 September 2014



Devinisi
sistem analog adalah suatu bentuk proses pengiriman informasi pada gelombang elektromaknetik dan bersifat variabel dan berkelanjutan atau dapat disebut juga sinyal analog.
Sistem Digital adalah sistem elektronika yang setiap rangkaian penyusunnya melakukan pengolahan sinyal diskrit.

perbedaan
dilakukan dengan membandingkan tahap, suatu besaran standar (refernsi) dan akan berlangsung secara kontiniu (tanpa terputus).
Sedangkan dalam proses digital, hasil pengukuran diperoleh
dengan cara perhitungan secara diskret dan hanya berlangsung dalam interval‐ interval tertentu.

contoh perangkat :
sistem digital.
- hand phone
- komputer digital
- camera digital
- CD / DVD

sistem analog
- kamera film
- kaset pita
- telpon rumah
- komputer analog


sejarah

Sinyal analog adalah istilah yang digunakan dalam ilmu teknik (terutama teknik elektro, teknik informasi, dan teknik kendali), yaitu suatu besaran yang berubah dalam waktu atau dan dalam ruang, dan yang mempunyai semua nilai untuk untuk setiap nilai waktu (dan atau setiap nilai ruang). Digunakan juga istilah Sinyal Kontinyu, untuk menggambarkan bahwa besaran itu mempunyai nilai yang kontinyu (tak terputus).
Contoh Sinyal Analog adalah Sinyal Elektrik yang dihasilkan oleh peralatan elektrik non-digital: sinyal suara pada radio konvensional, sinyal gambar (foto) pada kamera konvensional, sinyal video pada televisi konvensional.

Digital berasal dari kata Digitus, dalam Bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit). 


sumber refrensi
http://blog.ub.ac.id/binderonline/2010/02/sejarah-perkembangan-digital/ 
http://arifzakariya.wordpress.com/2012/05/09/sistem-analog-dan-sistem-digital/

terimakasih atas kunjungannya

0 komentar:

Posting Komentar